Hari Pahlawan: Kornas Ganjarist Jenguk Oma Koesno, Istri Pengawal Pribadi Presiden Soekarno

By Admin


Foto : Omah Koesno di RSPAD

nusakini.com - Jakarta, - Memberi makna Hari Pahlawan 10 November, Koordinator Nasional (Kornas) relawan Ganjarist menjenguk Oma Elisabeth Koesno yang saat ini tengah mendapat perawatan di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta. 

Diketahui, Oma Koesno (94 tahun) merupakan istri dari Almarhum Raden Koesno, mantan pengawal pribadi pertama Presiden RI, Ir Soekarno pasca kemerdekaan RI. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Kornas Ganjarist, Andre Salman, Deddy S serta Sudarma, sedang dari Satrel Ganjarist Depok diwakili oleh Dewi serta ditemani Roland dan istrinya yang juga merupakan cucu Oma Koesno. Roland juga menjadi salah satu pengurus Satrel Ganjarist Depok. 


Menurut Andre Salman, kegiatan Kornas Ganjarist ini merupakan perwujudan dan meneguhkan agar nilai-nilai kepahlawanan tetap terjaga. 

“Ini dalam rangka agar nilai-nilai kepahlawanan tetap terjaga, terutama kepada pengurus Ganjarist dan generasi sekarang”, kata Andre Salman, Rabu (10/11). 

Andre Salman berpesan agar generasi milenial saat ini harus terus menanamkan nilai-nilai kepahlawanan agar dapat termotivasi untuk meneruskan perjuangan para pahwalan bangsa. 

“Ini bisa kita lakukan dengan kerja dan kegiatan sosial serta berupaya melawan paham-paham radikal, demi NKRI”, ujarnya. 


Sementara itu, Roland, cucu Oma Koesno menegaskan bahwa dalam darahnya mengalir darah kepahlawanan. 

“Darah kepahlawanan Opa Koesno menjadi semangat perjuangan saya bagi bangsa ini”, katanya. 

Oma Koesno yang terbaring terbaring lemah namun masih terlihat memancarkan semangat perjuangan dan api kepahlawanan dalam dirinya. 

Dia berpesan agar generasi muda tetap berbakti pada NKRI. “Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan”, ucapnya pelan. 

Setelah menjenguk Oma Koesno, Kornas Ganjarist dan rombongan lalu melakukan ziarah ke makam Almarhum Raden Koesno di Taman Makan Pahlawan (TMP).

Sebelumnya, di bulan Mei 2021, Oma Koesno telah terbaring sakit di rumah kontrakannya Cimanggis, kota Depok. Di tengah sakitnya, masa sewa kontrakan rumah Oma Koesno pun akan habis bulan Juni 2021. 

Mengetahui hal tersebut, warganet ramai-ramai menyuarakan kepeihatinannya. Warganet bahkan meminta ke Presiden Jokowi, Ridwan Kamil dan tokoh-tokoh lain. (*)